Artikel

HUT GPIB KE 70 THN

HUT GPIB KE 70 THN

Selamat ulang tahun ke 70 GPIB (Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat). GPIB hadir memberikan pelayanan di 25 Musyawarah Pelayanan dan di 26 Propinsi di Indonesia.

31 Oktober 1948 – 31 Oktober 2018.

Mengawali perjalanan pelayanan dengan hanya 53 jemaat (gereja) di tahun 1948, dan saat ini bertumbuh menjadi 323 jemaat + 358 pos pelayanan adalah bukti penyertaan dan kasih karunia Tuhan yang luar biasa pada GPIB… Terimakasih Tuhan.

Diperlengkapi dengan 600 an pendeta organik saat ini dan 17.000 an majelis jemaat (Penatua dan Diaken) kiranya GPIB siap melayani dengan lebih sungguh lagi…

GPIB harus bertumbuh menjadi gereja yang menghargai toleransi, tidak membedakan agama dalam memberikan pelayanan, menghormati pemeluk agama lain, menghargai perbedaan… bertumbuh bersama umat utk merawat Bangsa Indonesia tercinta ini.

Teruslah berkarya, terus melayani, terus menjadi solusi bagi pergumulan jemaat… terus juga menjadi Gereja yang berdampak bagi sesama dan mendukung kesejahteraan bangsa.

God bless GPIB…Rumah kita bersama.

Read More

Tuhan yang Menghukum

Tuhan yang Menghukum
Yoel 1 : 1 – 12
Kamis, 30 Jan 2014
Sejak di Sekolah Minggu (IMPA), kita selalu diajarkan bahwa Tuhan adalah : baik, penyabar, pengampun, dan lain sebagainya. Memang tidak salah karena memang demikianlah adanya Tuhan kita. Namun kita jugatidak dapat mengabaikan pemahaman bahwa Tuhan kita juga Tuhan yang menghukum setiap umat yang berdosa.Senada dengan pembacaan Alkitab hari ini, Nabi Yoel menceritakan hukuman Tuhan yang terjadi bagi bangsa Yehuda atas dosa mereka.
Read More

Mari Berkabung

Mari Berkabung
Yoel 1 : 13 – 20
Kamis, 30 Jan 2014
Di dalam perjalanan kehidupan kita ada hal yang selalu mengiringi bagaikan dua sisi mata uang logam, yaitu kesukacitaan dan kedukacitaan. Keduannya bergulir bergantian bak roda yang berputar. Di saat kesukacitaan yang datang biasanya kita tidak ada masalah dalam menghadapinya, bahkan ada kemungkinan kita lupa akan Tuhan. Akan tetapi berbeda jika kedukaan yang datang, mendadak Tuhan yang kita ingatdan kemudian mau mendekat kepada-Nya untuk mendapatkan pertolongan.Di dalam pembacaan Alkitab hari ini, Yoel mengajak kepada bangsa Yehuda untuk berduka atau berkabung. Mengapa? Karena hari Tuhan yang di dalamnya terjadi pemusnahan masal akan datang.
Read More

Datangnya Hari Tuhan

Datangnya Hari Tuhan
Yoel 2 : 1 – 11
Jumat, 31 Jan 2014
praise_god_blogs.j-vacancy-18534_185x185Saat seorang Barack Obama (Presiden Amerika Serikat) beberapa tahun yang lalu berkunjung ke Indonesia, kesibukan sudah mulai terlihat sejak beberapa bulan sebelumnya. Pihak yang bertanggungjawab di bidang keamanan, logistic hingga wartawan mempersiapkan diri sedemikian rupa sesuai dengan prosedur yang telahditetapkan. Semua pihak yang bertanggungjawab di bidang masing-masing berada di posisinya,terlebih puhak keamanan yang dibagi menjadi beberapa bagian (ring). Semua dipersiapkan sebaik dan sesempurna mungkin sehingga harus tidak ada kesalahan yang boleh terjadi. 
Read More

Koyakkanlah Hatimu!

Koyakkanlah Hatimu!

Yoel 2 : 12 – 17

Jumat, 31 Jan 2014
Joner akhirnya dinyatakan bebas sebagai warga binaan di salah satu Lembaga Pemasyarakatan di kota ‘S’. Empat tahun lamanya ia di tahan karena kasus penipuan. Ia disambut istri juga keluarganya dan menyatakan penyesalannya serta berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Beberapa minggu kemudian ia bertemu dengan beberapa kawan lama dan tergoda untuk melakukan kejahatan lama. Singkat cerita kejahatan baru pun terjadi sehingga Joner kembali tertangkap dengan predikat residivis yang kembali kumat. 
Read More

Kepada Siapakah TUHAN Berpihak?

Kepada Siapakah TUHAN Berpihak?

2 Raja-Raja 4 : 1- 7

Selasa, 18 Feb 2014
Biasanya orang yang sedang popular disebut “sedang naik daun, seumpama bunga sedang mekar”, terpandang dan sangat dihormati, karena pandai, punya jabatan dan pengaruh, punya kekuasaan maupun kekayaan. Orang seperti ini
Read More