Renungan SBP | Selasa, 09 Oktober 2018

Posted by on Oct 8, 2018 in GP - Gerakan Pemuda | 0 comments

Renungan SBP | Selasa, 09 Oktober 2018

MINGGU KE XIX SESUDAH PENTAKOSTA

Selasa, 9 Oktober 2018

Kebesaran Hati

Bacaan Alkitab : Kejadian 41:46-52

Allah telah membuat aku lupa sama sekali kepada kesukaranku” (ayat 51)

 

Ada sebuah pepatah latin yang berbunyi: “bonus animus in mala re dimidium est mali” yang diterjemahkan sebagai berikut: “berbesar hati dalam kesengsaraan membuat kesengsaraan itu terasa separuh lebih ringan”. Pepatah tersebut menitikberatkan pada sikap kebesaran hati dalam menyikapi kesengsaraan yang terjadi daripada berkeluh kesah, bersungut-sungut apalagi bersikap apatis.

Yusuf, tokoh dalam pembacaan ini merupakan seseorang yang melewati kesengsaraan yang begitu besar, baik secara fisik maupun mental. Ia dibenci dan dijual oleh saudara-saudaranya sendiri lalu menjadi budak. Ia mengalami fitnahan dan pemenjaraan, juga keterpisahan dari ayah yang sangat mengasihi dan dikasihinya. Kebesaran hati membuat ia dapat menjalani dan melalui masa-masa sengsara di usia yang masih begitu muda. Tetapi ia tetap menunjukkan kualitas dan integritas diri yang tinggi. Dalam kepercayaan yang diberikan kepadanya oleh Firaun, ia mempergunakannya dengan penuh tanggung jawab untuk memberikan yang terbaik. Yang teramat penting adalah ia menyadari bahwa Allahlah yang bekerja di balik perjalanan kembara kehidupannya yang menghantarkannya ke posisi yang tinggi di Mesir. Kesadaran inilah yang membuatnya berbesar hati dalam segala keadaan.

Sobat muda, di jaman now tantangan kehidupan yang kita hadapi mungkin tidak seperti apa yang dialami Yusuf pada waktu itu. Namun demikian tantangan masa kini bisa datang dalam berbagai wujud dan bentuknya. Untuk itu dalam menjalani kehidupan, menjalankan tugas tanggung jawab, termasuk menghadapi segala tantangan kita perlu berbesar hati dalam menjalani apa yang harus kita jalani. Dikuatkan dengan keyakinan iman seperti yang Yusuf yakini bahwa Allah turut bekerja di balik segala sesuatu yang kita hadapi, kita akan dimampukan untuk berkarya menghasilkan yang terbaik dalam kehidupan.

 

UNGKAPAN HIKMAT

Kebesaran hati membuat hal yang sukar menjadi memiliki makna

 

DOA

Ya Tuhan ajarkan kami untuk mampu untuk memiliki kebesaran hati dalam setiap pergumulan agar kami melihat dan merasakan kebesaran kuasaMU

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *