Renungan SBU | Kamis, 25 Oktober 2018

Posted by on Oct 25, 2018 in Sabda Bina Umat | 0 comments

Renungan SBU | Kamis, 25 Oktober 2018

MINGGU XXI SES. PENTAKOSTA
KAMIS, 25 OKTOBER 2018
Renungan Pagi
KJ.370 : 1,2 –Berdoa

BERJALAN BERSAMA ALLAH

Ulangan 31:1-6
“Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; la tidak akan membiarkan
engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.” (ay.6)

Jika kita akan melakukan sebuah perjalanan, maka segala sesuatu harus dipersiapkan; kita menyiapkan yang diperlukan di sepanjang perjalanan, apalagi perjalanannya adalah perjalanan yang panjang. Selain segala persiapan fisik material, persiapan batin, mental juga diperlukan.

Musa terus-menerus mengingatkan Israel agar selalu bersandar penuh hanya pada kuasa dan pemeliharaan Allah. Puluhan tahun kepemimpinannya juga merupakan puluhan tahun perjalanannya bersama Israel, teristimewa bersama dengan Allah. Generasi ganti generasi, tidak semua yang bersama Musa keluar dari Mesir terus berjalan menuju tanah yang dljanjikan; dalam segala keterbatasan, ancaman bahaya alam, ancaman bangsa-bangsa di sepanjang perjalanan yang mereka tem puh, satu persatu mereka lewati bukan
karena mereka mempunyai kelimpahan dan bukan pula karena mereka memllikl kekuatan! Tetapi mereka dapat terus berjalan, karena di setiap dan seluruh langkah perjalanan yang mereka tempuh, mereka berjalan bersama Allah. Allah yang berjanji dan yang setia menepati janji-Nya. Allah yang bertindak, berkarya dan mau melakukan segalanya untuk memelihara umat-Nya.

Perjalanan Israel bersama Allah merupakan bukti dan jaminan untuk perjalanan seterusnya di masa depan; mungkin kita dalam keadaan sangat amat terbatas, bahkan tidak berdaya, namun sepanjang kita berjalan bersama Allah, yakinlah Allah setia, peduli dan mau melakukan lebih dari yang kita pikirkan. Mari jalani hari
ini dengan berjalan bersama Allah.

KJ.370 : 3
Doa : (Ya Allah yang setia, teguhkan kami untuk terus berjalan bersama Engkau)

KAMIS, 25 OKTOBER 2018
Renungan Malam
KJ.413 : 1,2 –Berdoa

ALLAH TIDAK AKAN MENINGGALKAN ENGKAU

Ulangan 31:7-8
“Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.” (ay.8).

Bagaimana kabar kita hari ini “ Banyak peristiwa dan pengalaman yang menyenangkan? Atau ada peristiwa dan pengalaman yang tidak menyenangkan, bahkan menyedihkan dan membuat kita menderita? Ya, setiap hari kita jalani dengan peristiwa dan pengalaman yang beranekaragam; ada yang sesual dengan rencana dan harapan kita, ada yang mengejutkan dan menyenangkan kita, dan pasti bisa terjadi yang sebaliknya! Tldak ada manusia yang dapat mengendalkan setiap detik hidupnya, apalagi hidup orang laln.

Musa meneruskan tongkat estafet kepemimpinan atas Israel kepadaYosua, apakah yang Musa berikan kepada Yosua sebagai bekal dan kelengkapan sebagal seorang pemimpin? Musa tidak memberikan kekuatan, kuasa atau kekayaan. Ketergantungan kepada Allah, meyakini akan kasih setia Allah serta mau terus memelihara hubungan dengan Allah dalam ketaatan menjadi warisan berharga yang diberikan Musa bagi Yosua juga bagi Israel. Dan dalam seluruh perjalanan serta kepemimpinan yang sudah dilalui Musa, Musa dengan tegas mengatakan “Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.”
(ayat 8).

Hari lni telah kita jalani bersama dengan Allah, kita mau bersyukur atas penyertaan-Nya dan juga kita mau berserah untuk perjalanan kita besok yang akan dianugerahkan Allah bagi kita.

KJ.413 1 3
Doa : (Ya Allah terima kasih untuk penyertaan-Mu, teruslah bersama kami)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *